Sahabat Yang Kaya Raya dan Panjang Umur

Anas bin Malik bin Nadhr Al-Anshari Al-Khazraji adalah seorang shahabat nabi yang memiliki harta banyak dan berumur panjang..

Ketika Rasulullah Shalallahu’alaihi wa Sallam hijrah,  Anas masih sangat kecil, menginjak usia sepuluh tahun.

Sejak kecil ia menjadi pelayan Rasul Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam selama kurang lebih sepuluh tahun.

Anas bin Malik Radhiyallahu’anhu bercerita: “Dahulu ibuku membawaku menghadap Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam.”

Berkata Ummu Anas: “Wahai Rasulullah, ini si kecil Anas, aku bawa ia kepadamu agar berkhidmat untukmu. Doakanlah untuknya wahai Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam!”

Rasul berdoa: “Allahumma Aktsir Malahu Wa waladahu wa baarik lahu Fiima Rozaqtahu.”

“Ya Allah perbanyaklah hartanya dan anak-anaknya, dan berkahilah apa yang Engkau anugerahkan padanya !”

Subhanallah, doa Rasul terkabul, Allah panjangkan umurnya, banyak anak dan hartanya sebagaimana dikatakan sendiri olah Anas Radhiyallahu’anhu.

Berkata Anas bin Malik Radhiyallahu’anhu: “Demi Allah, hartaku sangat banyak, dan anak cucuku hari ini lebih dari seratus orang.”

Abul ‘Aliyah Ar-Rayahi[1] berkata: “Anas bin Malik memiliki sebuah kebun kurma yang selalu berbuah dua kali dalam setahun.” (Tidak sebagaimana kebun pada umumnya yang berbuah hanya sekali)

Anas bin Malik Radhiyallahu’anhu memiliki umur panjang yang diberikan Allah Subhanahu wa ta’ala, beliau meninggal tahun 93 H  ketika umur beliau yang telah melebihi seratus tahun.[2]

(Sumber: Kisah-Kisah Menakjubkan dari Mukjizat Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam, penulis Abu Ismail Muhammad Rijal)


[1] Abul ‘Aliyah Ar Rayahi Rufai’ bin Mihran, Kibar Tabi’in meninggal tahun 90 H

[2] Lihat kisah Anas bin Malik Radhiyallahu’anhu dan ditakhrij haditsnya serta faidah-faidahnya dalam Ash Shahihah (1/267-270 hadits no. 140 dan 141)

Sumber : Salafartikel

About these ads

Komentar ditutup.